Minggu, 28 Juni 2009

SEKILAS MENGETAHUI BANGSA MAYA

SEKILAS MENGETAHUI BANGSA MAYA

Sekitar 900 TM, bangsaMayas meninggalkan kota dan menghilang. Tidak ada seorangpun yang tahu dari mana mereka datang, dan tidak ada seorangpun yang tahu di mana mereka pergi.
Selama tahun 1500 mereka tinggal di Semenanjung Yucatan di Amerika Tengah, mereka membangun pyramids menarik, candi, stelas, dan bola pengadilan. Belajar tentang Harian di Empire Maya, baca Exciting Adventure of the Hero Twins, mencari Peta, tulisan Maya mesir pada masa purbakala.
Selamat datang di Maya Empire!
Maya tembikar
Maya tembikar telah memberikan kita melihat pada kehidupan sehari-hari. Maya yang membuat sedikit tembikar angka. Angka-angka yang mungkin digunakan dalam upacara keagamaan, Banyak dibuat untuk gemeretuk atau peliut. Meskipun sangat kecil, angka yang rinci, lukisan terang, membuat kita dapat melihat kehidupan bangsa Maya. Beberapa tokoh termasuk Bearded manusia pada takhta, ballplayer yang memakai pakaian sangat padded, musisi dan getaran yang gemeretuk.
Kelas Masyarakat
Bangsa Maya memiliki kelas masyarakat. Terdapat budak, petani, pengrajin, kaum bangsawan, imam, dan pemimpin. Ada juga warriors atau pahlawan. Pada bagian atas merupakan nobles dan imam. Kelas menengah yang memiliki pengrajin, pedagang, dan warriors. Pada bagian bawah adalah petani, pekerja lainnya, dan budak.
Imam
Agama adalah jantung hampir semua kegiatan Bangsa Maya. Maya yang beriman pada dewa dewi. Mereka percaya imam mereka dapat berbicara dengan para dewa. Imam yang memberi kekuatan luar biasa. Para imam, bersama dengan para pemimpin di setiap negara kota, adalah orang yang paling kuat di peradaban Maya. Para Imam memutuskan hampir semuanya dalam kehidupan sehari-hari Maya. Ketika mereka memutuskan untuk menanam, ketika orang bisa menikah, dan yang berkorban.
Pemimpin
Keluarga bangsawan memerintah setiap kota. Keluarga yang sama memerintah selama-lamanya. Mahkota yang telah diserahkan kepada anak dari ayah untuk selamanya. Hak mereka untuk memerintah berasal dari kenyataan bahwa mereka langsung turunan Hero Twins. Mereka adalah anak-anak yang asli dari Hero Twins.
Nobles
Nobles adalah semua orang yang bukan pemerintah yang sebenarnya, namun dari keturunan darah pada saudara-saudara dan sepupu dan bibi dan paman keluarga yang memerintah. Nobles percaya mereka yang begitu penting, ketika mereka muncul di depan umum, mereka akan mengadakan attendants kain di depan mereka. Dengan demikian, tidak ada seorangpun yang dapat berbicara dengan mereka secara langsung. Mereka sering mandi. Semua perempuan menggunakan cermin.


Tinggi Fesyen
Maya nobles yang menghabiskan banyak waktu pribadi mereka pada tampilan. Mereka menindik telinga mereka. Mereka menutupi tubuh mereka dengan tato. Mereka lukis tubuh mereka. Mereka mencintai fancy bordir berwarna ditambahkan ke pakaian mereka. Mereka mempunyai rambut hitam lurus tulang pipi yang tinggi. Mereka mencintai perhiasan seperti topi. Mayas yang percaya bahwa topi yang lebih besar adalah yang lebih penting dipakai. Beberapa hiasan kepala dikenakan oleh nobles yang lebih tinggi daripada mereka. Seperti dalam kebanyakan kebudayaan kuno, hidup adalah salah satu dari liburan. Mereka telah menghabiskan waktu untuk membuat mereka terlihat cantik.
Pengrajin
Pengrajin bangsa Maya membuat alat-alat musik seperti drum, shell tanduk, dan kastenyet. Patung mereka luar biasa dan sangat besar. Seni mereka membuat mereka dihormati allah atau pemimpin mereka.
Warriors
Mayas sering berada di peperangan. Beberapa sarjana mengatakan mereka selalu perang. Jadi, warriors baik dan terlatih lebih mementingkan cara hidup. Pekerjaan pahlawan yang sangat dihormati.


Budak
Budak adalah orang yang telah diambil dari suku musuh. Budak bekerja di rumah keluarga yang mulia. Beberapa hamba telah merawat anak-anak. Beberapa rumah dibersihkan. Yang lain bekerja di ladang.
Petani
Kebanyakan bangsa Maya adalah petani. Petani bekerja sangat keras. Maya yang tidak memiliki alat logam, bapak-bapak dan anak-anak bekerja dengan nemggunakan tangan dan batu axes. Isteri dan anak perempuan bersih-bersih dan memasak juga merawat bayi perempuan saudara bungsu mereka. Perempuan membawa barang dalam keranjang di kepala mereka dari kolom ke pasar. Perempuan membantu di bidang yang bisa mereka bantu.
Makanan
Mereka makan dengan baik di peternakan. Termasuk makanan panas seperti bubur jagung untuk sarapan, tortillas diisi dimasak dengan sayur-sayuran untuk makan siang dan makan malam. Keluarga tinggal di rumah beratap Thatched - satu keluarga per rumah. Petani menghasilkan begitu banyak makanan dari apa yang mereka tanam. Bila musim semi berakhir, petani bekerja bersama budak (orang-orang yang diambil dari suku-suku lain) untuk membangun kota-kota megah. Mereka adalah tenaga kerja.
Jagung
Yang paling penting adalah tanaman jagung (maize.) Jagung adalah segalanya. Mereka membuat tepung gandum, semua jenis makanan dan minuman dari jagung. Beberapa nobles bahkan hiasan rambut mereka menyerupai jagung. Tanaman pangan lainnya adalah ubi jalar, kacang-kacangan, cabai, dan squash. Mereka membutu kera, rusa, dan itik. Mereka menangkap ikan. Mereka makan dengan baik. Beberapa mengatakan bahwa Maya membuat minuman coklat pertama.
Tari
Suku Maya menyukai tarian. Beberapa sarjana percaya bahwa Maya mungkin telah mengenal seribu tarian berbeda. Tarian mereka meliputi Tarian Kera, Kakek, Bayangan Pohon, dan Kelabang. Kostum dansa yang berwarna-warni, dan hiasan kepala yang besar.
Musik
Maya bermain drum yang terbuat dari kulit kura-kura dan seruling. Mereka mencintai permainan. Biaya untuk kegiatan-kegiatan tersebut tergantung pada tempat Anda di masyarakat.

Festival
Kegiatan yang paling penting di kota itu adalah festival keagamaan. Orang yang tinggal di dekat sebuah kota besar akan melakukan perjalanan untuk menghadiri festival keagamaan, dan tentu saja untuk melihat permainan bola termasyhur dan pergi ke pasar. Setiap hari ada sebuah festival keagamaan. Imam akan naik ke piramida, berpakaian sengit dengan masker, untuk para dewa. Memakai hiasan kepala yang besar, Maya menari di depan Pyramid atau Bait atau keduanya. Yang terkenal dari bangsa Maya adalah tarian dan juga hiasan kepala yang besar. Gerakan tari yang akan membuat hiasan kepala mereka bergemerincing dan gemeretuk.
K'atun
K'atun adalah upacara yang dilaksanakan setiap 20 tahun. Steals ini dibuat untuk berbagi apa yang terjadi selama 20 tahun. Peraturan adalah bagian penting dari cerita diberitahu melalui stelas. masing-masing keluarga kerajaan Maya memerintah kota yang berbeda. Sehingga setiap kota didirikan sendiri stela untuk memerintah sendiri kehormatan keluarga.

Allah dari Alam
Suku Maya menyembah allah alam setiap hari. Worshiping tuhan mereka adalah bagian besar dari kehidupan sehari-hari mereka. Beberapa dari tuhan mereka termasuk Allah Hujan, Lady Rainbow, Allah Jagung (gandum), dan tentu saja, Allah dari Sun(matahari). Tanpa bantuan allah, tak akan ada tanaman dan semua orang akan kelaparan.
The Underworld
Agama Maya jauh lebih rumit. Maya adalah dunia yang terdiri dari 3 lapisan - di Langit, Bumi, dan Underworld, kadang-kadang disebut Otherworld atau Tempat Awe. Mayas banyak melakukan upacara agar iblis, dan makhluk tuhan tetap di Underworld.
Masker
Selama upacara agama tertentu, imam berpakaian seperti Jaguars. Imam memakai masker penduduk tidak takut menghadapi makluk dari Underworld. Imam ingin menunjukkan bahwa mereka sama-sama kuat dan juga sama-sama menakutkan.
Baka
Suku Maya beriman kepada baka. Orang awam yang mati dikuburkan di dalam rumah mereka, di bawah lantai. Dengan demikian, mereka dapat hidup dengan leluhur dan nenek moyang mereka pada kehidupan sehari-hari. Maya percaya mereka akan diberikan kompensasi. Jika mereka yang kasar atau kasar waktu hidup, ini akan dilakukan hingga mereka dalam baka. Nobles dimakamkan di kuburan.
TUJUH UNSUR KEBUDAYAAN BANGSA MAYA


WILAYAH


Letak Geografis Bangsa Maya
Luas wilayah peradaban Maya diperpanjang di seluruh wilayah utara Amerika Tengah, termasuk bangsa dari Guatemala, Belize, barat Honduras dan El Salvador, serta bagian selatan negara Meksiko Chiapas, Tabasco, dan Yucatán Peninsula negara dari Quintana roo, Campeche dan Yucatán. Mereka menempati bagian timur sepertiga Mesoamerica, terutama Yucatan Peninsula. Kondisi topografi kawasan sangat bervariasi dari gunung berapi, yang terdiri dari dataran tinggi di selatan, hingga keropos rak kapur, dikenal sebagai Lowlands, di pusat dan daerah utara. Selatan bagian Lowlands yang dilindungi oleh sebuah hutan hujan dengan rata-rata ketinggian sekitar 150 kaki. Kedua Highlands dan Lowlands adalah penting untuk adanya perdagangan dalam peradaban Maya.
Lowlands (Daratan Rendah)
Lowlands menghasilkan tanaman yang digunakan untuk konsumsi sendiri, prinsip cultigen jagung. Mereka juga menanam labu, kacang-kacangan, cabai, Amaranth, manioc, kakao, kapas untuk kain terang, serat untuk kain dan tali. Lowlands adalah kapur rak berbatasan di bagian utara dan barat dengan Teluk Meksiko dan di timur oleh Laut Karibia. Dataran rendah sebelah utara iklim panas, dan musim hujan, dari Mei sampai Oktober, cukup sering membawa curah hujan. Sungai permanen dan danau yang hampir non existent dan hanya cenotes (besar sinkholes diisi dengan air hujan), menyediakan air yang sangat berharga.
Lowlands selatan terdiri dari hutan hujan dan savannas dimana danau dan sungai yang diberi makan oleh Sungai Usumacinta yang kuat. Curah hujan yang tinggi setinggi 160 inci per tahun dalam Lowlands dan air yang dikumpulkan mengalir menuju Karibia atau sistem sungai besar di Teluk Meksiko. Sungai ini, yang mana Usumacinta dan Grijalva adalah yang utama, yang penting untuk peradaban sebagai bentuk transportasi untuk kedua orang dan bahan-bahan.
Rumput yang sangat luas mennyebar dan rawa-rawa atau bajos, jarang muncul di hutan lebat. Sebelah utara Lowlands juga terdiri dari hutan namun mereka kering, pohon-pohon berduri tumbuh kecil. Februari sampai Mei adalah musim kemarau dicirikan oleh udara yang sangat panas dan tidak nyaman. Pada saat ini sepanjang tahun, kolom yang baru saja memotong, harus dibakar sesuai dengan potongan dan bentuk pertanian. Langit penuh dengan asap pasir, sehingga udara semakin tak tertahankan sampai musim hujan datang pada akhir Mei untuk menghapus suasana gelap.
Tinggi
Dataran tinggi adalah petak dari gunung dan lembah di Sierra Madre, batas sebelah adalah dataran pantai yang sempit dan Samudra Pasifik. Meskipun terganggu tsunami, gunung berapi dan gempa bumi, tanah yang subur dan iklim yang sejuk dibandingkan dengan lowlands. Musim hujan antara Mei dan November, dengan puncak curah hujan pada bulan Juni dan Oktober. Gunung api yang berada di dataran tinggi, itu adalah sumber Obsidian, permata, dan logam berharga lainnya seperti cinnabar dan bijih besi yang digunakan Maya untuk mengembangkan perdagangan. Meskipun tidak lowlands sumber dari salah satu komoditas, mereka masih memainkan peran penting sebagai asal jalur transportasi.
Banyak hewan berbahaya menduduki wilayah semenanjung termasuk jaguar, dan Ceimens (buaya yang dasyat), lembu jantan, dan berbagai jenis ular berbisa. Hewan ini harus dihindari karena Maya mencari makanan termasuk rusa turki, peccaries, tapir, kelinci, dan tikus besar seperti peca dan agouti di dalam hutan. Iklim di Highlands sangat contras dengan yang Lowlands seperti lebih dingin dan kering.
Budaya klasik Maya dikembangkan di tiga daerah di Mesoamerica. Yang paling penting dan paling lengkap perkembangan perkotaan terjadi di lowlands dalam "wilayah pusat" sebelah selatan Guatemala. Daerah ini adalah kolam tempat menyalurkan air sekitar enam puluh mil panjang dan dua puluh mil luas dan ditutupi oleh hutan hujan tropis, yang Maya, pada kenyataannya, hanya satu dua orang untuk membangun sebuah kota budaya di hutan hujan tropis. Kepala kota di wilayah ini adalah Tikal, tetapi penyebaran urbanisasi diperpanjang ke selatan Honduras; Maya di selatan kota ini Copan di utara Honduras. Dalam Guatemala tinggi di sebelah utara, Maya budaya kurang berkembang sepenuhnya. Yang lebih tinggi sederhana dan tampaknya telah menjadi pemasok utama bahan baku ke pusat pusat perkotaan. Terbesar dan paling lengkap pusat perkotaan telah Palenque. Pembangunan lain wilayah Maya adalah semenanjung Yucatan membuat atas bagian selatan dan timur bagian modern-hari Meksiko. Ini merupakan wilayah yang kering, meskipun pusat perkotaan dibangun di daerah ini, termasuk Chichen Itza dan Uxmal (diucapkan "Oosh-mal"), kebanyakan sarjana percaya bahwa ini adalah budaya daerah marjinal. Setelah keadaan tertinggal dari kota Maya Klasik, di semenanjung Yucatán menjadi kepala wilayah baru, budaya sintetis disebut-Toltec Maya yang dibentuk ketika Toltecs migrasi dari utara terintegrasi dengan adat bangsa Maya.

Candi Tengah, Palenque

Hampir semua pusat perkotaan dibangun di hutan hujan tropis. Ini adalah hal istimewa terpenting dari fakta Maya pengembangan budaya dan mungkin yang paling penting alasan mengapa Maya tidak sepenuhnya mengembangkan budaya perkotaan. Untuk hutan hujan tropis yang sangat sulit dalam hidup, walaupun sangat subur , hutan hujan tropis hanya dapat dukungan kecil populasi manusia. Sedangkan pertumbuhan tanaman dan hewan tampaknya ter konrtol oleh hutan dan tidak pernah berhenti, hutan hujan tropis yang membuat sangat miskin lahan pertanian. Akibatnya, jumlah yang lebih besar dari daerah diperlukan untuk mendukung setiap populasi ini mendorong pembubaran daripada konsentrasi yang diperlukan untuk melakukan hal-hal seperti membangun kota-kota dan kuil dan semacamnya. Telah diperkirakan ada tidak lebih dari 30 orang per mil persegi selama periode klasik. Prestasi Maya sehingga benar-benar membangkitkan rasa hormat! Dengan kehidupan yang sulit, dengan panas dan kelembaban yang mencair hardiest di Amerika Utara, dan dengan penduduk yang sangat jarang, yang luar biasa canggih Maya dibangun pusat perkotaan, sebuah ilmu astronomi dan matematika di antara yang paling canggih di dunia pra-modern, dan paling kompleks dan dikembangkan sistem menulis di Amerika.



























MITOLOGI MAYA



Maya mitologi merujuk kepada pra-Kolumbia Maya ekstensif dari peradaban agama musyrik. Kepercayaan ini mempunyai kemungkinan besar sudah lama berdiri pada saat awal-dikenal distinctively. Maya monumen telah dibangun dan inscriptions depicting dewa-dewa mereka direkam, sangat pra-dating the 1st milenium SM.
Selama ribuan tahun berikut ini renyah dan multi-faceted sistem kepercayaan dilanjutkan, ke berbagai gelar antara daerah dan jangka waktu, tetapi juga yang memelihara warisan adat dan tradisi observances. Maya bersama dengan banyak tradisi dan ritual lainnya dengan peradaban dan budaya di wilayah Mesoamerican, baik sebelum dan masyarakat kontemporer, dan umum di seluruh daerah membentuk sebuah mosaik saling kepercayaan sistem dan konsep alam di dunia dan keberadaan manusia. Namun, berbagai bangsa Maya berkembang seiring waktu yang unik dan berkesinambungan set tradisi khususnya yang berkaitan dengan masyarakat, dan prestasi mereka.
Meskipun ca. awal abad 10. "Terminal runtuh", yang selama konstruksi dan Maya tugu prasasti perekaman dihentikan efektif atas wilayah luas dan banyak pusat yang kemudian ditinggalkan, maka bangsa Maya sendiri tertahan dan terus mempertahankan macam kepercayaan dan tradisi. Perawatan tradisi ini dapat dilihat di relik dan produk dari orang-orang pusat yang flourished selama tahap pasca-Classic, seperti di sebelah utara Semenanjung Yucatán, kadang-kadang dikombinasikan dengan karakteristik lainnya pengaruh lebih dari pantai Teluk Meksiko pusat dan daerah. Meskipun bagian selatan dataran rendah dan tinggi Maya daerah hadir hari Guatemala melihat sedikit lebih lanjut monumen bangunan selama periode ini, perawatan tradisional antara kepercayaan lokal Maya adalah attested oleh account dan laporan-laporan dari abad ke-17 dan 16. Spanyol.
Selama dan setelah penaklukan Spanyol, cerita-cerita dan tradisi yang terus Maya diserahkan ke bawah untuk generasi berikut, walaupun banyak dipengaruhi dan dibatasi oleh arus Eropa praktik dan kepercayaan, Roma Katolik pada khususnya. Maya telah mengalami banyak sekali penganiayaan atas kepercayaan dan penindasan politik selama berabad-abad sejak pertama kedatangan Eropa, walaupun tidak boleh ada keraguan bahwa Maya dan tradisi masyarakat telah mengalami perubahan besar, banyak orang hari ini Maya menjaga identitas yang sangat banyak informasi mereka kolektif sejarah, tradisi dan kepercayaan - sebuah warisan yang distinctively Maya bahkan dimana substansial dikombinasikan dengan adopsi luas dari Kekristenan.
Selain epigraphic inscriptions pada monumen (terutama yang berhubungan dengan commemorations dan berhubung dgn wangsa successions), hanya tiga lengkap Maya teks dan fragmen dari keempat telah selamat melalui tahun. Mayoritas Maya codices yang dibakar oleh Eropa seperti Uskup Diego de Landa mereka selama penaklukan dari Mesoamerica dan setelah upaya untuk mengkonversikan Maya masyarakat untuk Kekristenan. Tersedia pengetahuan Maya mitologi, dengan demikian, agak terbatas. Apa yang diketahui adalah sebagian besar diambil dari 16-17 dari abad account pasca penaklukan Maya kepercayaan dan tradisi, yang tidak selalu sesuai dengan tradisi yang dipelihara dalam waktu sebelumnya.
Secara umum lainnya dengan Mesoamerican peradaban, masing-masing kardinal (atau dunia) adalah petunjuk ascribed tertentu properti dan asosiasi. Atribut ini diselenggarakan signifikansi tertentu, dan mereka yang salah satu kerangka utama yang saling Maya banyak agama dan kosmologi. Maya yang melihat dunia diakui empat arah kompas utama, dan masing-masing telah secara konsisten dikaitkan dengan warna tertentu J kelima 'arah', dengan "pusat", juga membentuk sebuah bagian dari program ini. Diasosiasikan dengan warna biru-hijau, ini yang paling sering diwakili oleh sebuah pohon besar Ceiba, conceptualized sebagai "pohon kehidupan". Dalam kosmologi Maya ini dibentuk semacam poros Mundi yang menghubungkan dari pusat Bumi dengan lapisan kedua di dunia penjahat dan langit. Hal ini diyakini bahwa hidup Ceiba pohon yang dipelihara di pusat dari berbagai pra-Kolumbia Maya pemukiman di simbolis keterwakilan kaitan ini, dan salah satu alternatif yang ditempatkan di masing-masing dari empat arah kardinal juga.
Maya dewa-dewa masing-masing aspek berbeda ditampilkan berdasarkan lima arah serta sejumlah lainnya alam dan siklus diamati simbolis oleh Maya. Maya juga dewa-dewa telah dualistic natures associating mereka dengan hari atau malam, hidup atau mati. Terdapat tiga belas dari tiga belas dewa langit dari sembilan Maya agama dan tuhan dari sembilan underworlds. Antara upperworlds dari langit dan dari underworlds malam dan kematian di dunia adalah pesawat yang sering muncul dalam seni Maya sebagai dua kepala caiman atau kura-kura berbaring di danau yang besar. Elemen alam, bintang dan planets, angka, perkebunan, hari kalender dan masa waktu yang telah mereka sendiri semua allah. Para allah 'karakter, penjahatan atau kebajikan, asosiasi dan berubah sesuai dengan hari dalam kalender Maya atau posisi matahari, bulan, Venus, dan bintang-bintang.
Quiché yang Maya cerita penciptaan adalah dijelaskan pada Popol Vuh. Dunia ini telah dibuat dari apa yang akan di Maya panteon dari allah. Manusia tdk berhasil dibuat dari lumpur dan kayu kemudian sebelum dibuat dari jagung dan menjadi tugas yang ditugaskan memuji allah Setelah cerita penciptaan, yang Popol Vuh bercerita tentang perjuangan dari pahlawan legendaris twins, Hunahpu dan Ixbalanque, di dalam diri dari Xibalba tuhan, di neraka. Twins yang turun ke dalam neraka, binasa, dan akhirnya miraculously reborn. Mitos ini memberikan metaphor untuk pertanian dan siklus tahunan kebangkitan dari tanaman. Cerita kedua adalah poin penting dari mitologi Maya dan sering ditemukan digambarkan dalam seni Maya.
Mayan Sacred Tree

The Wacah Chan (atau Whac Chan, alias Mayan Sacred Tree, Pohon Dunia atau Mayan Mayan Tree of Life) diwakili tiga tingkatan yang Mayan semesta. Ia percaya bahwa semua tiga universes telah bergabung dengan pusat pohon. The Roots dari pohon plunged Maya ke dalam neraka dan cabangnya mencapai ke Overworld atau Langit. Pusat pohon yang terkait dengan warna hijau dan empat pohon di Tengah Dunia yang putih, merah, kuning dan hitam. Putih pohon mewakili leluhur mati dan Utara, merah diwakili meningkatnya matahari dan Timur, kuning mewakili Selatan dan kanan matahari, hitam diwakili Barat dan Underworld.
Maya Visi ular

Visi ular adalah makhluk yang penting dalam Pra-Kolumbia mitologi Maya. Ular yang tadinya sosial yang sangat penting dan simbol agama, revered oleh Maya. Maya mitologi menjelaskan serpents sebagai kendaraan yang sempurna oleh tubuh, seperti matahari dan bintang, melintasi langit. Peluruhan yang dibuat dari kulit mereka mereka yang merupakan simbol kebangkitan dan pembaharuan.
Mereka jadi revered, yang salah satu dewa-dewa utama Mesoamerican, Quetzalcoatl, diwakili sebagai ular berbulu. Nama berarti "quetzal ular".
Visi ular adalah pemikiran untuk menjadi yang paling penting dari Maya serpents. "Itu biasanya berjanggut dan memiliki dibulatkan moncong. Ia juga sering digambarkan sebagai mempunyai dua kepala atau dengan roh leluhur atau dewa yang muncul dari mulut". Selama Maya bloodletting ritual, para peserta akan pengalaman dalam visi yang dikomunikasikan dengan leluhur atau dewa. Visi ini mengambil bentuk ular raksasa "yang menjadi pintu gerbang ke alam roh". Leluhur atau dewa yang sedang dihubungi itu digambarkan sebagai ular yang muncul dari mulut s ¹. Visi ular datang sehingga menjadi metode yang leluhur atau Tuhan sendiri manifested ke Maya. Oleh karena itu bagi mereka, yang telah Visi ular langsung antara realm roh dewa dan fisik dunia.
Visi ular akan kembali ke konsep awal Maya, dan terletak di pusat dunia karena itu disusun. "Hal ini di tengah poros di puncak Pohon Dunia. Pada dasarnya Dunia Pohon Visi dan ular, mewakili raja, menciptakan pusat poros yang berkomunikasi antara dunia rohani dan dunia atau pesawat. Adalah melalui upacara raja yang dapat membawa poros menjadi pusat keberadaan dalam candi dan menciptakan sebuah pintu keluar masuk ke dunia rohani, dan dengan kuasa ". Visi ular adalah lazim di Bloodletting upacara agama di Maya, Maya perhiasan, tembikar dan arsitektur.
Bloodletting ritual
Banyak telah berusaha untuk menjelaskan manifestasi dari Visi ular sama dengan Maya bloodletting. Salah satu kesimpulan yang "besar-besaran yang akan menyebabkan hilangnya darah ke otak merilis sebuah kelimpahan alam endorphins, kimia yang berkaitan dengan opiates. Seperti tubuh akan menjadi shock, hallucinatory visi yang terjadi". Setelah lebih dari itu sebenarnya bloodletting, darah upacara kebasahan kertas yang dibakar, melepaskannya kolom asap. Asap yang diberikan media yang sempurna untuk Visi ular untuk muncul. Utama setiap kegiatan politik atau agama yang terlibat bloodletting karena media yang diberikan oleh para dewa yang dapat dipanggil kepada saksi dan benar-benar berpartisipasi dalam upacara. Kadang-kadang roh-roh leluhur juga disebut atas memberikan petunjuk. The Hauberg Stela (AD 199) dari Lowlands Maya "adalah salah satu monumen yang menggambarkan tanggal Visi ular koneksi ke bloodletting".
Ambang pintu 25 menggambarkan salah satu bloodletting ritual. "Salah satu Shield Jaguar istri, terlihat dipan sambilmemandang atas yang besar terhadap Visi ular berkepala dua. Dalam dia tangan kiri, dia memegang mangkuk yang berisi stingray tulang belakang, sebuah Obsidian lanset, dan kertas spattered dengan darah. Visi ular nampaknya berasal dari the bowl. Dari mulut dari Visi ular, spews sebagainya leluhur Tlaloc pahlawan yang lengkap dengan tombak dan perisai ".
Ambang pintu 17 merujuk kepada "Burung Jaguars Darah sebagai Tuhan Yaxchilan" dan menunjukkan dia mempersiapkan untuk mengambil darah dari penis dengan stingray spine. Berlawanan Burung Jaguar adalah Lady Balam-IX, yang berlangsung melalui kursus tali melalui pemahatan di lidah. Darah dikumpulkan dalam wadah Burung Jaguar dari dekat kaki. Visi mulut ular dan berwarna hijau, yang trickles karakteristik dari darah merah yang bloodletting ". Ambang pintu 15 menggambarkan tampilan Visi ular ini." Ular yang dapat dilihat dari meningkatnya mangkuk dengan trickles darah sepanjang kolom darah Scrolls . Ambang pintu ini menunjukkan Ratu Yaxchilan terlibat dalam visi mengalami perubahan yang rumit bloodletting upacara. Dia berpendapat macam ritual di lengan sementara visi ular meningkat dari mangkuk kertas berwarna darah ".
Maya Keagamaan rites
Terjadi Visi ular bernama Och-Kan, lord of Kalak'mul. Salah satu yang paling umum yang terkait dengan ritual Visi ular terlibat invoking leluhur sprits. Terutama saat upacara-upacara penabalan, raja-raja akan menghubungi roh untuk petunjuk dan berkah. Inilah Visi ular yang menyediakan media untuk menghubungi dewa-dewa ini.
Hal ini diyakini bahwa Tuhan Pakal dari sarkofagus penutup, yang terletak di Palenque, mungkin adalah satu gambar yang paling komprehensif yang berkaitan Visi ular ke Maya agama. Ia menggambarkan kematian Pakal dan keturunan ke Underworld. Ular yang bicepalous bar horizontal ditempatkan di World Tree dan merupakan saluran air untuk transisi ini. Dengan cara yang sama bahwa Visi ular mewakili sebuah kanal antara dunia fisik dan semangat dari kalangan nenek moyang, ular berkepala dua bar ini merupakan terusan antara bidang yang hidup dan bidang yang mati.
Maya perhiasan dan tembikar
A piece of Maya perhiasan yang menggambarkan antropomorphis, ular berkepala dua. Hal ini diyakini telah dipakai selama bloodletting upacara. Ini jelas menunjukkan kedatangan seorang leluhur dari semangat kerajaan. The pelukisan dari Visi ular sangat lazim di Maya tembikar. Kapal yang digunakan selama upacara bloodletting, melukis Visi ular. Kapal yang di bawah adalah contoh yang sangat baik. Mereka yang diukir dalam batu dan sebagian dari gambaran awal dari Visi ular ikonografi. Spews darah keluar dari mulut yang terbuka dari bagian depan kepala. Meskipun belakang tidak terikat secara fisik, ia duduk tepat di atas ekor dari ular dan juga mewakili darah ".
Maya Arsitektur Motif
Visi ular juga menemukan tempat di arsitektur Maya dan sangat menonjol di hiasan dari pilar pada interior dan eksterior dari Maya candi. Di istana di Labna, serpents adorn di sudut penglihatan prinsip. Karakteristik dari Visi ular, nampaknya ada yang baik antropomorphis dewa atau roh leluhur yang berasal dari mulut babang dari mulut ular.
Kontemporer observances
Remnants dari Visi ular yang bertahan hidup sampai modern. Seperti yang baru-baru ini sebagai 60 tahun yang lalu, film dokumenter yang telah dilakukan di San Antonio, Belize, menyatakan bahwa Q'eqchi Maya masih melakukan upacara yang sangat mirip dengan visi quest dari klasik Maya. Upacara menandai inisiasi yang baru untuk dukun desa. Meskipun tidak ada banyak remnants dari bloodletting upacara, peserta datang ke dalam kontak langsung dengan ular raksasa, Ochan (Och-Kan) - (National Geographic Society, 1982). Adalah melalui ini pengalaman yang ia selesai ia inisiasi ritual dan memperoleh pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi dukun yang kuat. Dengan demikian, dimodifikasi visi quests masih termasuk kontak dengan Visi ular di antara Maya hari ini.






PERIODE YANG KLASIK




Berbeda dengan budaya di Lembah Meksiko, satu-satunya masa di mana pusat perkotaan yang penting kepada Maya Klasik selama periode 300-900 AD. Budaya yang Maya memiliki sedikit perubahan dari periode klasik di masa modern, untuk itu Maya budaya suku besar dan pedesaan seluruh periode klasik. Apa yang membedakan Klasik dari pasca Klasik Maya budaya adalah pentingnya pusat perkotaan dan struktur dalam agama kehidupan Mayas dan luasnya budaya terpelajar.

Maya yang tidak pernah yang "benar" budaya perkotaan; di pusat perkotaan hampir seluruhnya telah digunakan sebagai pusat keagamaan bagi penduduk sekitar desa mereka. Lagipula, penurunan dari pusat perkotaan setelah 900 AD tidak banyak melibatkan perubahan sosial perubahan agama, yang diyakini oleh beberapa ulama bahwa keadaan tertinggal dari kota-kota itu terutama karena agama proselytizing dari utara. Walaupun demikian, periode Klasik melihat ledakan kreativitas budaya dari seluruh wilayah yang dihuni oleh suku-suku yang kami sebut "Maya" Mereka berasal dari berbagai bentuk budaya utara, tetapi juga dibuat banyak budaya inovasi yang sangat mempengaruhi semua budaya di seluruh Mesoamerica. Maya banyak kebudayaan, terutama agama perhitungan waktu, masih penting aspek kehidupan Penutur Amerika di Guatemala dan Honduras.
















BAHASA MAYA

Maya bahasa memiliki banyak dialek - Qhuche, Cakchiquel, Kekchi, dan Mam - masih digunakan oleh sekitar 300.000 orang, dua diantaranya adalah murni Maya, sisanya menjadi putih dan bercampur darah masih diucapkan hari ini, walaupun sebagian besar dari India juga berbahasa Spanyol.
Maya languages (alternatif: bahasa Maya) merupakan bahasa yang digunakan dalam keluarga Mesoamerica tenggara dari Meksiko ke Amerika Tengah utara dan selatan sejauh sebagai Honduras. Leluhur mereka hypotheticized umum, yang dikenal sebagai Proto-Maya, ada setidaknya 5000 tahun yang lalu, dan sebagian telah kembali. Walaupun Spanyol adalah bahasa resmi di sebagian besar hadir hari negara di daerah, bahasa Maya masih digunakan sebagai bahasa primer atau sekunder oleh lebih dari 6 juta pribumi Maya (lebih dari 4 juta di Guatemala, sekitar 2 juta di Meksiko, puluhan ribu di Belize, dan kecil di tempat lain). Pada tahun 1996, Guatemala secara formal diakui dua puluh satu bahasa oleh Maya, dan Meksiko mengakui delapan lain tidak diucapkan di Guatemala.
Selama pra-Kolumbia, era Mesoamerican sejarah, setidaknya dua daerah Maya varian dari bahasa yang tercermin dalam naskah Maya sukar dibaca. Dengan inscriptions dalam naskah Maya dari kedua bagian dari 1. Milenium SM, sistem ini logosyllabic menulis tetap digunakan sebagai akhir abad ke-16. Penaklukan Spanyol. Penggunaannya yang luas terutama dalam menggunakan selama periode Klasik Maya peradaban (c. 250-900 TM). Corpus hidup dengan lebih dari 10.000 individu dikenal. Maya inscriptions pada bangunan, monumen, tembikar dan kulit-karya codices, Maya yang direkam dalam bahasa sukar dibaca.
Sejarah
Bahasa Maya keturunan satu Proto-bahasa, yang disebut Proto-Maya atau Maya Nab'ee 'Tzij ( "Bahasa Maya lama"). Proto-Maya ini adalah bahasa yang telah diucapkan di Guatemala Cuchumatanes tinggi dimana perluasan pertama terjadi sekitar 2200 SM yang pertama sekali dari Huastecan cabang dari Maya yang kemudian menjadi Proto-Yucatecan dan Proto-Cholan. Awal kontak antara Maya didokumentasikan dalam bahasa Xinca dan Lenca. Awal loanwords bahasa ini telah memasukkan Maya ini pada gilirannya menyarankan periode dominasi Maya atas Lencan dan Xincan, mungkin selama periode Klasik.
Oleh periode Klasik, yaitu periode pertama di mana bahasa Maya didokumentasikan secara tertulis, Proto-Mayan telah menjadi setidaknya dua dialek. Kedua adalah attested di inscriptions sukar dibaca dan keduanya biasa disebut sebagai Maya Klasik. Satu dialek yang diucapkan di semenanjung Yucatán dan menjadi leluhur dari Yucatecan adalah bahasa Yukatek, Itza ', Mopan dan Lakantun. Lainnya adalah dialek yang diucapkan di Chiapas dan seluruh wilayah tinggi dan menjadi leluhur dari bahasa Ch'olan, Chontal, Ch'ol, dan Ch'orti 'dan sekarang punah. Bahwa perpecahan antara kedua kelompok ini sudah terjadi di periode Klasik. Dapat dilihat melalui periode Klasik yang sukar dibaca, inscriptions yang pada umumnya menggunakan Ch'olan varian di wilayah selatan dan utara Yucatecan. Huastecan Barat dan cabang yang mungkin juga dibedakan saat ini tetapi tidak sukar dibaca inscriptions dikenal dalam dialek.
Selama penjajahan Spanyol dari Amerika Tengah, Maya, serta sebagian besar lainnya adalah subjugated ke bahasa Spanyol. Namun karena kawasan Maya itu lebih tahan terhadap pengaruh dari luar yang lain, pengaruh dari Spanyol di Maya belum besar seperti itu, misalnya, dalam Nahuati. Ada yang masih tinggi persentase monolinguals dalam bahasa Maya. Namun, daerah Maya yang sekarang didominasi oleh bahasa Spanyol, beberapa bahasa Maya terancam punah.
Selama abad ke-20, sebagai lanjutan arkeologi Maya dan berbagai etnis-nasionalis dan bangga berbasis ideologi crossed dunia panggung, berbagai kelompok bahasa Maya mulai ada sebagai identitas etnis. Perkataan "Maya" itu sendiri, mungkin didasarkan pada pasca klasik Yukatec kota Mayapan, adalah hanya berkaitan dengan bagian Yucatan di pra-kolonial dan kolonial, dan saat ini artinya adalah terutama berdasarkan kriteria linguistik. Identitas ini suplemen , tetapi umumnya tidak mengganti identitas utama etnis berdasarkan bahasa tertentu.
Dengan demikian, gagasan tentang bahasa "Maya" adalah lebih penting daripada ide bahasa Inggris "Indo-Eropa". Paradoks, kebanggaan dalam persatuan ini telah pindah ke salah satu dari kata "dialek" bahasa Maya.
Untuk bahasa yang modern, Academi Guatemala dari Bahasa Maya (Spanyol akronim ALMG), dengan perwakilan dari 21 kelompok bahasa di Guatemala, yang berkembang mendapatkan pengakuan sebagai kewenangan dalam hal-hal sebagai standar ortografi.










SEJARAH



Maya yang memasuki sejarah dengan difusi tertentu gaya arsitektur di seluruh wilayah budaya Maya. Awal difusi dari arsitektur ini, yang mencakup stelae (batu, kolom datar) dan corbelled vaults, dan budaya disebut sebagai awal Periode Klasik (292-593). The Late Classic Period (593-889) yang dicirikan oleh budaya di lebih dari sembilan kota dan meluas penggunaan menulis.

Kota yang telah dibangun Maya untuk upacara pusat. Kelas pendeta tinggal di kota, namun sebagian besar penduduk yang tinggal di Maya adalah petani desa. Pendeta yang akan melaksanakan tugas-tugas sehari-hari keagamaan, terutama korban, dan petani akan secara berkala berkumpul untuk upacara keagamaan dan festival. Dengan tidak diketahui mereka meninggalkan kota-kota sekitar 900 AD. Ada bukti dari invasi dari luar dan mungkin kesulitan ekonomi yang memimpin mereka untuk bahwa mereka meninggalkan kota. Ini adalah perubahan karena kehilangan pendeta dengan hilangnya ini, Maya berhenti bekerja di kota-kota mereka. Hidup untuk Mayas tidak benar-benar berubah drastis setelah penurunan mereka dari kota, untuk kota-kota pusat hanya dalam upacara kehidupan mereka.

Tikal
Ekonomi dan masyarakat

Penduduk Maya yang pada umumnya sangat kecil dan sangat sedikit tetap tinggal di pusat perkotaan. Alasannya adalah sifat pertanian di hutan hujan tropis. Maya, seperti orang lain dipaksa untuk menanam hutan hujan tropis, melakukan slash and burn pertanian. Karena pertumbuhan sangat cepat di hutan hujan tropis, gizi yang diberikan oleh tanaman dan kotoran hewan akan digunakan sangat cepat. Tanah hutan hujan sangat mengherankan untuk pertanian. Dalam slash and burn, pertanian Maya akan mengurangi satu petak hutan, membakar pohon-pohon roboh dan tanaman untuk pupuk, dan kemudian dikembang-tumbuhkan plot. Sehingga Maya tidak menggunakan teknik canggih pemupukan, sehingga plot tanah akan habis dalam dua sampai empat tahun. Slash and burn pertanian (disebut milpa oleh Maya) juga tenaga kerja intensif.

Makanan pokok yang telah Maya produksi adalah jagung dan jagung merupakan pusat kegiatan ekonomi Maya. Milpa petani itu sendiri tergantung pada holistic. Melihat salah satu dari kegiatan yang diolah sejak plot terus bergerak, tampaknya telah menjadi dasar dasar agama dan keprihatinan Maya dengan waktu.

Kita tahu hampir tidak ada dari luar masyarakat sosial Maya antara para imam dan petani. Masyarakat Maya terdiri dari beberapa strata: raja, imam, commoners, dan budak. Sejauh mana peraturan yang membedakan dari para imam tidak diketahui. Di bagian atas hirarki Maya adalah halach uinic ( "Benar Man"), posisi yang telah turun temurun. Halach uinic yang memerintah baik domestik dan urusan luar negeri dengan bantuan sebuah dewan. Lesser adalah pemimpin-pemimpin unit sosial yang lebih kecil.

Dalam hirarki keagamaan, kepala disebut Ah Kin Mai ( "Salah satu dari Tinggi The Sun") yang memerintah atas semua imam di bawah dia (disebut Kin Ah). Terdapat dua fungsi khusus pendeta yang terlibat dalam korban manusia: chacs, yang laki-laki tua yang diselenggarakan di bawah korban, dan nacon, hidup yang memotong jantung dari korban.

Maya memiliki rasa keindahan fisik sangat berbeda dari orang lain di Mesoamerica. Yang paling berharga dari mereka adalah yang panjang, dahi miring ke belakang, dalam rangka mencapai ini terlihat, bayi mereka akan terikat dengan papan skulls.




























SEJARAH



Agama Maya berkembang terutama dari pertanian milpas prediksi yang akurat diperlukan waktu dan akomodasi dengan siklus hidup di-hutan hujan. Ada satu aspek agama berdasarkan kemanusiaan accommodating ke siklus alam semesta. Alam semesta dalam fungsi logis, berhubung dgn putaran, dan predictable. Manusia dapat memanfaatkan alam yang berhubung dgn putaran oleh accommodating diri ke putaran ini.

Kalender dari Altar V, Tikal
Untuk alasan ini, agama Maya yang terobsesi dengan waktu. Untuk menyesuaikan diri dengan benar ke putaran waktu, kita harus dapat menghitung siklus ini dengan akurasi besar. Hingga saat ini, yang dikembangkan Maya sejumlah calendrical sistem. Di pusat adalah tzolkin, kalender suci, yang terdiri dari 260 hari, kalender ini bekerja pada dua putaran, sebuah siklus dari 13 hari dan nomor yang bernama siklus dari 20 hari. Putaran kedua akan mengulang sendiri setiap 260 hari. Selain itu, mereka mempunyai tun, atau upacara kalender, 360 hari yang panjang ditambah lima menyelesaikan, hari sial. Kalender lain adalah katun, yang merupakan siklus dari 20 tuns. Mereka juga menggunakan kalender Venus (584 hari), setengah tahun lunar kalender, dan siklus dari langit tuhan. Dalam kombinasi, kalender ini menjadikan Maya yang paling akurat dari perhitungan waktu sebelum masa modern mencapai akurasi yang menjadi salah satu hari libur setiap 6000 tahun. Semua hari di kalender ini mereka incredible kompleksitas menjabat sebagai astronomi almanacs perilaku yang dikontrol dgn keras dengan upacara keagamaan.

Upacara agama melibatkan beberapa aspek: menari, kompetisi, dramatis performances, doa dan korban. Allah memerlukan makanan dari manusia untuk bekerja. Sebagian besar korban melibatkan beberapa bentuk korban manusia. Mayoritas korban manusia ini adalah darah manusia, di mana korban, biasanya seorang imam, secara sukarela pierces bagian (atau bagian) dari tubuh mereka; biasanya lidah, telinga, bibir, atau penis mereka dan "memberikan" darah ke para dewa. Semakin tinggi satu posisi pada hirarki, semakin banyak darah yang diharapkan. Beberapa upacara menuntut hati yang hidup dari korban, dalam hal ini di bawah korban dilaksanakan oleh empat chacs di atas piramida atau dibangkitkan platform sedangkan nacon membuat torehan di bawah tulang rusuk dan kandang ripped out jantung dengan tangannya. Jantung kemudian dibakar untuk dipersembahkan kepada allah.

Maya yang percaya bahwa dunia telah dibuat lima kali dan empat kali hancur; ini menjadi dasar ilmu akhirat dasar agama Mesoamerican dari 900 AD dan seterusnya ketika ia diadopsi oleh Toltecs. Maya yang beriman kepada baka yang rumit, surga adalah untuk orang-orang yang telah digantung, dikorbankan, atau meninggal dalam persalinan. Semua orang pergi ke xibal, atau neraka, yang diperintah oleh tuhan maut.


The Destruction of the World,
dari Dresden Codex



















SISTIM PENGETAHUAN


Mayan nubuatan dan Kalender

Kebanyakan peradaban kuno menemukan salah satu cara untuk menandai waktu untuk memprediksi perubahan yang akan mempengaruhi hidup mereka dan destinies(takdir). Kalender ini sering dikaitkan dengan satu atau lebih tuhan, yang di beberapa titik dalam kemajuan akan kembali. Saat ini, perkembangan kesadaran sebagai manusia di usia penyembuhan, kesadaran, teknologi dan pemikiran, perhatian kami adalah satu riveted ke dalam kalender khusus, Maya Long Kalender, sebagai sesuatu yang berakhir tanggal waktu, bergema bagi banyak jiwa. Tanggal 21 Desember 2012 (13.0.0.0.0 di Long Count) sebagai diproyeksikan oleh Jose Arguelles dan lain-lain. Saya telah diajarkan bahwa 13 = 4 = penutupan atau akhir waktu linear.
Kenyataannya adalah membangun holographic untuk pola geometri suci yang berulang dalam siklus disebut linear waktu. Kenyataannya mitos, matematika, dan metaphor. Gerakan kesadaran semua berikut berurutan disebut emas spiral - yang fibonacci nomor diterbitkan dalam 1202.
Ada banyak kalender sepanjang sejarah yang tidak selalu berkorelasi kalender Gregorian atau kalender Maya. Oleh karena itu, bagaimana dapat memastikan bahwa tanggal ini adalah awal dari apa yang beberapa panggilan Golden Age? Istilah 'emas' membawa kami ke Alchemy sekarang dipahami sebagai metaphor untuk evolusi kesadaran dalam Alchemy waktu. Ia adalah sesuatu yang dirasakan jiwa Anda, sesuatu yang hidup dengan mengikuti synchronistic pengingat bahwa semua terhubung sebagai kesadaran bergerak melalui gears, atau roda waktu untuk berkembang menjadi sesuatu di luar fisik pengalaman / percobaan.
Apakah Maya kuno kita tahu sesuatu yang tidak? Apakah kita bermaksud untuk mencari dan memahami sesuatu sebagai tanggal, 21 Desember 2012? Lihatlah dalam diri Anda untuk menentukan makna yang lebih besar. Kami sedang berkembang, belajar, dan bukan oleh kecelakaan, menempatkan potongan-potongan puzzle yang sama, seperti yang dipandu oleh grids melalui pengalaman yang kami sadari kami sebagai jiwa kembali 'rumah'.

The Mayan Kalender
Kalender dan Mayan 11:11 UT, Universal Time.
2012
bulan d ay h kami 2012
bulan d ay h kami m inute bulan
d ay h kami m inute
Perihelion Jan
5
00
Equinoxes Mar
20 05
14
September 22 14
49

Aphelion Juli
5
03
Solstices
Juni
20 23
09
Desember 21 11
11


Terdapat 3 Mayan Kalender: Haab ', Tzolk'in dan panjang.
The Mayan Calendar berbicara panjang akhir satu siklus waktu pindah ke berikutnya pada 21 Desember 2012.

The Mesoamerican Long Count kalender pengulangan, vigesimal (base-20) kalender yang digunakan oleh beberapa Mesoamerican budaya, terutama Maya. Untuk alasan ini, maka kadang-kadang dikenal sebagai Maya (atau Mayan) Long Count kalender. Menggunakan vigesimal dimodifikasi tally, the Long Count kalender mengidentifikasi sehari oleh menghitung jumlah hari berlalu sejak 11 Agustus 3114 BC (Gregorian). Karena Long Count kalender tidak mengulangi, ia banyak digunakan di monumen.
Antara lain dibuat dalam kalender pra-Hispanic Mesoamerica, dua yang paling banyak digunakan adalah 365 hari kalender solar (Haab 'dalam Mayan) dan 260-upacara hari kalender, yang telah 20 periode dari 13 hari. Ini 260 hari kalender dikenal sebagai Tzolk'in ke Maya dan tonalpohualli ke Aztecs.

Tzolk'in (Round)
The Haab 'dan Tzolk'in kalender dan diidentifikasi hari-hari, tetapi bukan tahun. Kombinasi dari Haab 'tanggal dan Tzolk'in tanggal yang cukup untuk mengidentifikasi tanggal tertentu untuk kepuasan masyarakat kebanyakan. dengan demikian kombinasi tidak terjadi lagi untuk yang lain 52 tahun, harapan hidup di atas umum.
The Tzolk'in, yang paling mendasar dan sangat-attested semua kalender Maya, yang berbasis di 26.000 tahun siklus dari Pleiades, dan merupakan unggulan komponen dalam masyarakat dan ritual Maya kuno. The tzolk'in kalender tetap digunakan di antara beberapa komunitas Maya di Guatemala. Penggunaannya adalah marjinal, tetapi tersebar di wilayah ini, meskipun oposisi dari Evangelical Christian mengkonversi telah terhapus dari beberapa komunitas.
Kata, yang berarti "menghitung hari", adalah coined berdasarkan Yukatek Maya. Kata-kata yang sesuai di K'iche 'Kaqchikel dan budaya dari Guatemala, yang telah dipelihara yang tak terputus-putus selama lebih dari 500 tahun, yang masing-masing, Ajilabal q'ij dan Cholq'ij. Yang sebenarnya nama ini sebagai kalender yang digunakan oleh pra-Kolumbia Maya yang tidak dikenal. Yang sesuai Postclassic Aztec kalender, disebut oleh mereka tonalpohualli, dalam bahasa Nahuatl.
Maya yang menggunakan siklus beberapa hari, yang kedua paling penting adalah Tzolk'in, atau Kudus Round dari 260 hari dan perkiraan solar tahun 365 hari atau Haab. Haram Round dikombinasikan dengan mengulangi siklus angka 1-13 hari dengan 20 nama ... sehingga kombinasi tertentu akan terjadi lagi di 13 x 20 atau 260 hari, hari nama dan nomor berubah bersama: 1 Imix, Ik 2, 3 Akbal ... mungkin seperti yang kita katakan 1 Senin, Selasa, 2, Rabu 3, dan seterusnya.
Karena kedua kalender didasarkan pada 365 hari dan 260 hari berturut-turut, seluruh siklus akan berulang setiap 52 Haab 'tahun’. Periode ini dikenal sebagai Kalender Round.
Untuk menghitung tanggal melalui periode lebih dari 52 tahun, yang dibuat Mesoamericans Long Count kalender.
The Long Count kalender mengidentifikasi tanggal oleh menghitung jumlah hari dari 11 Agustus 3114 SM. Daripada menggunakan skema dasar-10, seperti penomoran Barat, pada hari yang panjang Count tallied dalam dasar-20 skema. Dengan demikian 0.0.0.1.5 adalah sama dengan 25, dan 0.0.0.2.0 adalah sama dengan 40.
The Long Count tidak konsisten dasar-20 Namun, sejak dua digit (dari kanan) hanya dihitung hingga 18 sebelum ulang ke nol. Dengan demikian 0.0.1.0.0 tidak mewakili 400 hari, tetapi hanya 360 hari.
Terus Wikipedia



















PERTANIAN DAN DIET


Maya kuno yang canggih dalam beragam metode produksi makanan. Ia percaya bahwa dulu pergeseran budidaya (swidden) pertanian yang sebagian besar dari makanan tetapi sekarang pemikiran yang permanen dibangkitkan bidang, terasering, taman hutan, dikelola fallows, liar dan panen juga penting untuk mendukung populasi yang besar dari periode Klasik beberapa daerah. Memang, bukti ini berbeda sistem pertanian yang kuat: dibangkitkan bidang dihubungkan oleh kanal dapat dilihat pada foto udara, komposisi jenis kontemporer hujan cukup tinggi telah kelimpahan dari jenis nilai ekonomis ke Maya kuno, dan catatan menyerbukkan sedimen di danau menyarankan jagung, manioc, sunflower seeds, kapas, dan tanaman lainnya telah diolah berkaitan dengan deforestasi di Mesoamerica setidaknya sejak 2500 SM.
Maya yang terampil adalah petani, kliring besar bagian dari hutan hujan tropis, dan di mana tanah yang langka, bangunan besar underground waduk untuk penyimpanan air hujan. Maya yang telah sama-sama sebagai penenun dan terampil potters, dan dibersihkan melalui rute jungles dan rawa-rawa yang luas untuk mendorong jaringan perdagangan jauh dengan masyarakat.
Sementara gizi bervariasi, tergantung pada daerah geografi, jagung tetap menjadi dasar pokok sekarang seperti yang abad lalu. Nutritionally dibuat lengkap dengan penambahan kapur, maka kernel yang direbus, dengan tanah dan metate mano, maka dibentuk oleh tangan ke flat tortillas yang dimasak di atas wajan yang secara tradisional didukung pada tiga batu. Chili peppers, kacang-kacangan dan squash masih tumbuh dalam keluarga tani plot (milpa) kanan bersama dengan jagung, memaksimalkan setiap tanaman dari persyaratan untuk gizi. Pertanian berdasarkan slash and burn pertanian yang diperlukan suatu bidang yang harus kosong selama 5 sampai 15 tahun setelah hanya 2 hingga 5 tahun dari budidaya. Tetapi ada bukti yang dibangkitkan bidang tetap dan bertingkat hillsides juga cocok digunakan di daerah-daerah.
Maya yang diolah petani jagung, kacang-kacangan, coklat, chili, maguey, pisang, dan kapas, selain memberikan perhatian kepada lebah, dari mana dia memperoleh madu dan lilin. Difermentasi berbagai minuman yang disiapkan dari jagung, maguey, dan madu. Mereka banyak diberikan kepada kemabukan, yang sangat sulit untuk umum karena dianggap memalukan.
Chocolate adalah minuman favorit dari kelas atas. Biji coklat, serta potongan-potongan tembaga, merupakan media pertukaran umum. Sedikit daging yang dimakan, kecuali pada upacara perayaan, walaupun Maya adalah ahli pemburu dan nelayan. Sebagian kecil "barkless" anjing juga dimakan. Chocolate-makanan dari Tuhan ... Seperti pernyataan dari nenek moyang kita masih memegang true today Pravda - 5 Mei 2004

SISTIM SOSIAL


Peradaban Maya yang tidak kompak dalam satu kerajaan, akan tetapi banyak entitas terpisah dengan latar belakang budaya umum. Mirip dengan Yunani, agama mereka dan artistik bangsa, tetapi politik negara berdaulat.
Sebanyak dua puluh negara-negara seperti itu sudah ada di Semenanjung Yucatan, tetapi walaupun seorang perempuan memiliki, pada kesempatan langka, naik ke posisi yang memerintah, dia tidak pernah memperoleh gelar 'mah kina'.
Maya merupakan yang paling penting dari orang-orang terpelajar asli dari Amerika Utara, baik di tingkat peradaban mereka dan penduduk dan sumber daya, yang sebelumnya menduduki wilayah sekitar 60.000 mil persegi, termasuk seluruh semenanjung dari Yucatan, Meksiko Selatan, bersama-sama dengan berdekatan dari Guatemala Utara, dan kepala sekolah masih constituting penduduk wilayah yang sama di luar kota-kota besar.
Yang paling penting atau suku bangsa, setelah Maya adalah Quiche dan Cakchiquel dari Guatemala. Semua suku ini persediaan yang tinggi dari budaya yang paling maju dan paling kuno, asli di Amerika Utara.

Sistem Kelas
Ada satu kelas berbeda dalam sistem kuno Maya kali. Antara yang memerintah dan kelas petani / buruh, ada yang harus dididik oleh bangsawan untuk menulis, seniman dan arsitek. Bukti dari keahlian dan inovasi mereka tetap bekerja di batu, plesteran, jade, bone, tembikar, Obsidian dan batu.

Busana
Biasa pakaian laki-laki adalah kapas breechcloth melibat bagian tengah, dengan lengan baju yang kadang-kadang putih atau dicelup dalam warna.
Perempuan yang memakai rok berikat di pinggang, dan anyaman mereka rambut panjang di Tresses. Sandals yang dikenakan oleh kedua jenis kelamin. Tattooing-perataan kepala dan kadang-kadang telah dipraktikkan, dan tatap muka dan tubuh selalu dilukis.

Divisi Budaya
Budaya daerah yang dibagi menjadi tiga bagian: sebelah utara, tengah dan selatan daerah. Bukti paling awal dari peradaban Maya ditemukan di wilayah selatan. Pada Izapa ukiran yang menggambarkan tuhan yang precursors dari Classic dan dewa-dewa di Kaminaljuyu glyphs pada stelea pertanda yang Maya menulis sistem. Kawasan itu jelas dipengaruhi oleh Olmec.
Pusat meliputi wilayah selatan lowlands, dari Tabasco di Northwest ke Guatemala dan Belize Motagua dari sungai di wilayah tenggara. Berikut ini adalah tempat Klasik Maya flourished, Usumacinta di sepanjang sungai dan sepanjang Peten.
Wilayah sebelah utara, yang meliputi wilayah utara lowlands, telah dihuni oleh Maya dalam periode Late Classic, ketika pengaruh dari pusat Meksiko membuat hibrida Maya / Toltec budaya, dan ke rumah Maya baik ke dalam periode pasca-Klasik.
Pemerintah
Maya di bawah Pemerintah kuno adalah mutlak monarki turun temurun, dengan menutup kesatuan dari unsur-unsur duniawi dan rohani, yang turun temurun imam besar, yang juga raja suci kota Izamal, sedang berkonsultasi dengan raja pada semua hal-hal penting , selain memiliki masalah upacara dan ceremonials.
Pada acara-acara publik raja muncul mengalir berpakaian jubah putih, dihiasi dengan emas dan batu-batu berharga, di kepalanya memakai sebuah cincin emas yang dihiasi dengan indah quetzal plumes untuk royalti, dan udara atas canopied tandu.
Gubernur provinsi yang nobles dari empat keluarga kerajaan, dan yang tertinggi dalam pemerintah sendiri.
The rulers dari kota dan desa-desa yang lebih rendah membentuk susunan bangsawan, bukan dari kerajaan darah. Raja biasanya bertindak atas nasihat dari dewan tuhan dan imam.
Tuhan itu sendiri yang memimpin militer, dan setiap penguasa rendah dan telah resmi untuk mendukung produksi tertentu dari tanah yang diolah oleh umum di masyarakat.
Mereka tidak menerima gaji, dan masing-masing bertanggung jawab untuk pemeliharaan masyarakat miskin dan orang helpless kabupaten. Semakin rendah keimamatan itu tidak turun temurun, tetapi diangkat melalui imam besar. Ada juga perempuan keimamatan, atau memesan perawan, yang adalah seorang kepala princess dari kerajaan darah.
Petani, artisans, atau pedagang, mereka bayar pajak dan militer, dan masing-masing mempunyai kepentingan-Nya di tanah umum juga sebagai individu porsi yang diturunkan dalam keluarga dan tidak dapat diasingkan.
Budak juga ada, terutama yang menjadi budak tawanan perang dan anak-anak mereka, yang kedua dari mereka dapat menjadi freemen oleh meletakkan sebuah baru yang kosong di bawah tanah budidaya.
Masyarakat diselenggarakan pada sistem marga, dengan keturunan dalam garis laki-laki, maka pemimpin-pemimpin yang bukan custodians untuk suku dari pemilik, dan tidak memiliki kuasa untuk mengasingkan suku di tanah. Game, ikan, dan garam marshes gratis untuk semua orang, dengan porsi tertentu kepada tuhan.
Pajak yang dibayar dalam bentuk resmi melalui kolektor. Pada kematian pemilik, properti dibagi sama antara ahli waris laki-laki yang terdekat.
Yang lebih penting adalah kasus dicoba oleh dewan kerajaan presided alih oleh raja, dan lebih kecil kasus provinsi oleh pemerintah setempat atau hakim, sesuai dengan kepentingan mereka, biasanya dengan bantuan sebuah dewan dan dengan advokasi untuk pertahanan.
Kejahatan yang dihukum dengan kematian - sering oleh pelemparan selama tubir - perbudakan, denda, atau jarang, dengan hukuman penjara.
Kode adalah belas kasihan, pembunuhan dan bahkan kadang-kadang dapat ditambah menjadi denda.
Anak-anak yang tunduk kepada orang tua sampai ke usia menikah, yang untuk anak laki-laki itu sekitar dua puluh.
Anak-anak di masyarakat umum yang dilatih hanya dalam pekerjaan orang tua mereka, tetapi mereka yang bangsawan yang berpendidikan tinggi, di bawah perawatan para imam, dalam menulis, musik, sejarah, perang, dan agama.
Nobles dari anak yang sangat terpencil, dan anak laki-laki tua di setiap desa dan tidur selain tinggal di sebuah bangunan publik. Hari peringatan hari ulang tahun dan lainnya adalah acara perayaan keluarga.

Pernikahan
Perkawinan antara orang yang berjenis kelamin sama dilarang, dan orang-orang yang melanggar undang-undang ini yang dianggap sebagai outcasts.
Perkawinan dalam derajat tertentu lainnya dari hubungan - seperti dengan saudara perempuan dari almarhum istri, atau ibu dengan saudara perempuan - juga dilarang.
Poligami itu tidak diketahui, tetapi persetubuhan di luar nikah itu diperbolehkan, dan perceraian yang mudah. Perkawinan yang dilakukan oleh para imam, dengan banyak upacara sukacita, dan diawali dengan iman dan khidmat upacara pembaptisan, yang dikenal sebagai "kebangkitan", tanpa ada yang bisa menolak perkawinan.
Tidak dapat menikah satu dari peringkat sendiri atau tanpa persetujuan dari pemimpin dari kabupaten.

Militer
Maya yang telah ditentukan dan ahli warriors, menggunakan busur dan anak panah, yang berlari dengan lempar-tongkat, yang rata dengan pedang kayu flints, maka tombak, lemparan, kapak tembaga, perisai dari reeds, dan perlindungan dari baja berat baju yg dilapisi dgn kapas.
Mereka memahami taktik militer isyarat dengan drum dan siul, dan tahu cara untuk membangun dan barricades dig trenches. Mulia tahanan yang biasanya dikorbankan untuk para dewa, sedangkan orang-orang yang biasa peringkat menjadi budak.
Pertambangan
Karena tidak memiliki semenanjung tambang, Maya yang telah tanpa besi atau logam kecuali beberapa perabot tembaga dan emas perhiasan diimpor dari negara lain.
Mereka adalah alat-alat hampir seluruhnya dari batu batu atau lainnya, bahkan untuk yang paling sulit monumental ukiran.
Untuk keperluan rumah tangga mereka menggunakan tembikar tanah liat, piring dari tempurung, atau gourds. Tembikar mereka adalah keunggulan yang terkemuka, seperti juga mereka menenun, pencelupan, dan bulu bekerja.


















TEKNOLOGI



Busana

Biasa pakaian laki-laki adalah kapas breechcloth melibat bagian tengah, dengan lengan baju yang kadang-kadang putih atau dicelup dalam warna.
Perempuan yang memakai rok berikat di pinggang, dan anyaman mereka rambut panjang di Tresses. Sandals yang dikenakan oleh kedua jenis kelamin. Tattooing-perataan kepala dan kadang-kadang telah dipraktikkan, dan tatap muka dan tubuh selalu dilukis
Tinggi Fesyen
Maya nobles yang menghabiskan banyak waktu pribadi mereka pada tampilan. Mereka tindik telinga mereka. Mereka menutupi tubuh mereka dengan tato. Mereka lukis tubuh mereka. Mereka mencintai fancy bordir berwarna ditambahkan ke pakaian mereka. Mereka memberi rambut hitam lurus dengan tulang pipi tinggi. Mereka mencintai perhiasan. Topi yang penting. Maya yang percaya bahwa topi yang lebih besar, yang lebih penting dipakai. Beberapa headdresses dikenakan oleh nobles yang lebih tinggi daripada mereka. Seperti dalam kebanyakan kebudayaan kuno, hidup adalah salah satu dari liburan. Mereka telah menghabiskan waktu untuk mereka percaya pada apa yang membuat mereka terlihat cantik.
Pengrajin
Mereka membuat alat-alat musik seperti drum, shell tanduk, dan kastenyet. Patung mereka yang luar biasa dan sangat besar. Seni mereka membuat mereka dihormati allah atau pemimpin mereka.








SENI DAN ARSITEKTUR

Seperti yang unik dan spektakuler sebagai Yunani atau Roma arsitektur, arsitektur Maya sangat banyak, tetapi, yang paling sering dramatis dan mudah dikenali sebagai Maya yang fantastis adalah pyramids bertambah dari Terminal periode pra-klasik dan seterusnya. Berbasis di umum Mesoamerican tradisi arsitektural ini pyramids diandalkan pada batu berukir renyah untuk membuat desain anak tangga. Setiap piramida telah didedikasikan ke dewa di puncak kuilnya. Selama ini "tinggi" dari budaya Maya, di pusat agama mereka, komersial dan birokrasi tumbuh menjadi kekuatan luar biasa. Termasuk Chichen Itza, Tikal, dan Uxmal. Melalui pengamatan konsisten dari berbagai elemen dan gaya distinctions, remnants of Maya arsitektur telah menjadi kunci penting untuk memahami evolusi dari peradaban kuno mereka.
Dengan penguraian dari Maya naskah itu ditemukan bahwa Maya adalah satu dari sedikit peradaban dimana seniman terlampir nama mereka untuk pekerjaan mereka. Seni Maya yang telah disebut terkaya di New World karena kerumitan yang besar, pola dan berbagai media ekspresi. Struktur kapur, dihadapi dengan memplesteri dengan kapur, merupakan tanda dari arsitektur Maya kuno. Bangunan Maya itu dihiasi dengan perhiasan berukir friezes Combs di atap dan batu dan plesteran. Dengan jumlah dan batu kapur besar yang tersedia, turap dan semen yang dihasilkan dengan mudah. Maya ini memungkinkan untuk membangun candi mengesankan, dengan bertambah pyramids. Pada summits yang Thatched-atap candi. Bukti menunjukkan bahwa awal arsitek Maya yang menggunakan prinsip corbel galah yang seperti struktur dengan pihak yang memperpanjang batin sampai mereka bertemu di bagian atas.
Fitur lain yang tak ada taranya dari Maya adalah penggunaan warna-warni mural. Ia juga mencatat bahwa sebagian besar kota-kota Maya dibangun oleh quaters yang dibagi menjadi dua cara yang lintang lainnya di setiap sudut kanan. Datar dan atap yang dibuat dengan cedar beams overlaid dengan mortir. Tembok dilukis dengan mitologi allah dan fitur lainnya.
Kuburan sering diletakkan di dalam atau di bawah struktur bangunan Maya. Candi baru ini dibangun melalui struktur yang ada. Maya yang juga menyatakan diri mereka artistik. Keramik mereka dibuat besar dalam berbagai bentuk dan dihiasi dengan pemandangan kompleks. Maya yang juga merancang karya seni dari batu, tulang dan tempurung, bersama dengan pembuatan dihiasi kapas tekstil. Bahkan logam digunakan untuk keperluan upacara. Item yang dibuat dengan logam mencakup kalung, gelang dan headresses.
Adalah jelas bahwa seluruh struktur kuno yang dibangun oleh Maya dibangun untuk menghormati dewa. Compounds dibangun dengan membuka daerah yang besar, dimana semua warga negara dapat melihat upacara keagamaan yang terjadi pada platform yang ditinggikan di atas kota. Di sisi lain, pembangunan Castillo, seolah-olah berhubungan dengan Maya kuno dari obsesi dengan kalender. Misalnya, setiap tangga di candi memiliki 91 langkah, sehingga jumlah total 364 langkah di empat staircases yang menghitung platform di bagian atas piramida, sama dengan jumlah hari dalam tahun matahari. Bahkan lebih, setiap sisi piramida telah bertambah sembilan Terraces dibagi oleh sebuah tangga, untuk total delapan belas bagian pada setiap sisi, akibatnya, jumlah bulan dalam kalender Maya. Honeycombed roofcomb towered banyak struktur di atas, memberikan dasar untuk dilukis turap yang merupakan Maya setara dari papan. Selain candi, situs Maya yang paling multi-roomed struktur yang mungkin menjabat sebagai istana kerajaan serta pemerintah pusat untuk keperluan tertentu.
Peristiwa sejarah penting, seperti accessions, penawanan atau korban dari kerajaan selesainya dua puluh tahun siklus katun, yang tercatat pada batu stelae dan tablet. Tanpa alat-alat logam, Maya tidak mampu membangun kota-kota besar di seluruh hutan alam yang sangat besar dengan sebuah sudut arsitektur dan berbagai kesempurnaan. Mereka tercatat sebagai arsitek yang baik untuk bangunan yang sangat rumit dan dihiasi upacara arsitektur, termasuk candi-pyramids, istana dan observatories, semua dibangun tanpa alat logam.
Desain Urban
Maya sebagai kota yang tersebar di seluruh Mesoamerica geografi yang betvariasi, situs perencanaan nampaknya telah minimal. Maya arsitektur cenderung mengintegrasikan besar derajat untuk fitur alam, dan kota-kota yang dibangun semena-mena sebagai dictated oleh topografi dari masing-masing lokasi independen. Misalnya, beberapa kota di dataran flat kapur dari utara Yucatan tumbuh menjadi kota besar yang tergeletak, sedangkan yang lain dibangun di bukit yang memanfaatkan alam Usumacinta loft dari topografi untuk meningkatkan mereka ke kuil dan menara tinggi yang mengesankan. Namun, ada pesanan dari persamaan, seperti yang diminta oleh setiap kota besar.
Desain Maya pada perkotaan klasik dengan mudah dapat digambarkan sebagai pembagian ruang oleh monumen besar dan causeways. Buka plazas publik adalah tempat untuk mengumpulkan orang dan fokus dari desain perkotaan, sementara ruang interior seluruhnya adalah sekunder. Hanya di era Late Pasca Klasik kota-kota besar berkembang menjadi lebih seperti struktur defensif.
Mula-mula besar-besaran konstruksi selama Era Klasik, yang telah ditentukan sumbu biasanya didirikan di arah yang cerah. Tergantung pada lokasi sumber daya alam seperti air tawar-sumur, atau cenotes, kota berkembang dengan menggunakan sacbeob (causeways) untuk menyambung plazas besar dengan berbagai platform yang dibuat sub-struktur untuk hampir semua bangunan Maya. Semakin banyak struktur yang ditambahkan dan struktur yang ada atau dibangun kembali remodeled, di kota-kota besar Maya tampaknya mengambil sebuah identitas yang hampir acak contrasted tajam dengan kota Mesoamerican besar lainnya seperti Teotihuacan dan kaku seperti kotak-konstruksi.
Di jantung kota Maya yang besar yang dikelilingi oleh plazas yang paling penting adalah pemerintah dan bangunan keagamaan, seperti kerajaan acropolis, piramida candi besar dan kadang-kadang bola-pengadilan. Meskipun kota layout berkembang sebagai alam dictated, hati perhatian ditempatkan pada arah dan orientasi candi observatories sehingga mereka dibangun sesuai dengan interpretasi dari orbits Maya dari badan surgawi. Di luar pusat upacara ini adalah struktur candi yang lebih kecil, dan individu shrines; kurang suci dan kurang penting memiliki struktur yang lebih besar derajat privasi. Di luar, terus berkembang perkotaan inti yang kurang lebih permanen dan rumah-rumah sederhana dari masyarakat umum.
Bahan Bangunan
Mengejutkan aspek struktur Maya. Mereka tidak menggunakan teknologi canggih yang tampaknya seperti itu diperlukan untuk konstruksi. Walaupun alat-alat Logam kurang, Maya arsitektur memiliki kelimpahan: tenaga kerja. Semua batu untuk struktur Maya nampaknya telah diambil dari daerah pertambangan. Mereka paling sering menggunakan kapur, yang masih cukup lunak untuk bekerja dengan alat-alat batu sambil menambang. Di samping struktural menggunakan kapur, banyak dari mereka terdiri dari mortir digerus, dibakar, dan kapur yang dicampur mimicked properti semen digunakan hanya untuk menyelesaikan memplesteri karena itu untuk mortir. Namun, dalam perbaikan nanti teknik menambang untuk mengurangi kebutuhan ini, kapur digunakan untuk memplesteri sebagai batu, namun ia tetap menjadi elemen penting di beberapa pos ambang pintu dan atap. Dalam hal yang umum rumah Maya, tiang-tiang kayu, adobe, dan daun kelapa adalah bahan dasar, namun contoh dari apa yang akan muncul dari rumah umum kapur telah ditemukan juga. Juga terkemuka di seluruh Mayan arsitektur adalah lengkungan palsu, keterbatasan yang dipelihara umumnya struktur mereka lebih berat daripada Airy.
Upacara platform
Yang umum kapur platform yang biasanya kurang dari empat meter di ketinggian tempat umum dan upacara ritual keagamaan yang dilakukan. Dibangun dalam gaya yang khas yayasan platform ini sering accented diukir oleh tokoh-tokoh, dan mungkin tzompantli altar, pancang yang digunakan untuk menampilkan kepala korban atau dikalahkan Mesoamerican ballgame lawan.

Istana
Yang sangat besar dan seringkali dihiasi, Sabtu dan biasanya dekat dengan pusat kota dan penduduk dari perumahan elit. Apapun sangat besar istana kerajaan, yang terdiri dari satu atau banyak kamar pada tingkat yang berbeda dapat disebut sebagai sebuah acropolis. Namun, seringkali ini adalah satu cerita dan terdiri dari banyak kamar kecil dan biasanya minimal satu halaman interior; struktur ini muncul untuk memperhitungkan fungsi yang diperlukan yang diperlukan dari tempat tinggal, juga sebagai hiasan yang diperlukan untuk penduduk tinggi.


E-kelompok
Adalah klasifikasi yang diberikan oleh Mayanists tertentu ke dalam struktur kompleks attested beberapa situs Maya dari pusat dan daerah selatan lowlands - Petén. Kompleks dari jenis ini terdiri dari bertambah piramida struktur utama, yang muncul tanpa gagal di sisi barat alun-alun yang berbentuk persegi atau platform. Telah diteorikan bahwa E-kelompok yang observatories karena posisi yang tepat dari matahari melalui candi kecil bila dilihat dari piramid selama solstices dan equinoxes. Ide lain tampaknya datang dari cerita penciptaan mungkin diberitahu oleh relief dan karya seni yang adorns struktur ini.
Temples Pyramids dan agama Sabtu di puncak candi yang besar di pyramids maya, barangkali sebagai tempat yang paling dekat ke langit. Sementara titik terakhir Discoveries ekstensif terhadap penggunaan pyramids sebagai kuburan, candi itu sendiri yang sepertinya jarang, jika pernah, berisi burials. Pyramids yang berada di puncak, lebih dari beberapa ratus kaki, seperti yang di El Mirador, adalah candi yang impresif dan dihiasi struktur sendiri. Umumnya topped sisir dengan atap, dinding atau muluk dangkal, candi ini mungkin telah menjabat sebagai jenis propaganda. Karena mereka sering hanya dalam struktur Maya ke kota lebihi tinggi di sekitar hutan, atap Combs di puncak candi yang sering diukir dengan pernyataan dari pemerintah yang dapat dilihat dari jarak jauh.
Observatories
Maya yang telah mengenal astronomi dan telah dipetakan dari fase benda angkasa, terutama Bulan dan Venus. Banyak candi yang memiliki fitur-fitur lainnya seperti deretan jalan ke angkasa. Round kuil, sering didedikasikan untuk Kukulcan, mungkin orang-orang yang paling sering dijelaskan sebagai "observatories" modern oleh kehancuran-panduan wisata, namun tidak ada bukti bahwa mereka jadi digunakan secara eksklusif, dan lain candi pyramids bentuk Mei telah digunakan baik untuk pengamatan juga.
Bola Pengadilan
Sebagai integral aspek gaya hidup Mesoamerican, pengadilan untuk mereka upacara-bola permainan dibangun di seluruh dunia dan seringkali Maya pada skala grand. Terlampir pada dua bertambah ramps oleh pihak yang memimpin upacara untuk platform kecil atau kuil, bola pengadilan itu sendiri adalah seorang ibu "I" bentuk dan dapat ditemukan di semua tetapi terkecil dari kota-kota Maya.

Pyramids Meksiko
Maya yang telah pandai dalam harnessing energi, canggih, mengagumkan menciptakan karya seni dan rekayasa dan mempertahankan sebuah peradaban untuk sekitar tahun 1500. Telah menunjukkan bahwa Maya memiliki atribut yang gaib, dan tuan dari lingkungan mereka. Rahasia hikmat mereka tetap tidak diketahui, beberapa orang attributing ke extraterrestrials ras, ruang kapal yang akan dilihat di hari ini di Tengah dan Amerika Selatan.
Seperti Pharaohs Mesir kuno, Mayan rulers diisi dengan kota-kota besar pyramids tinggi, berbunga dan mewah istana personifying kuasa yang besar dan raja-raja mereka tersembung ke allah, dan astronomi observatories yang membantu mereka menciptakan kalender mereka dan merencanakan hidup mereka.
Penyebab dari gagalnya Mayan datang lebih dari satu dekade yang tidak cukup yakin apa yang terjadi. Tidak ada satu penjelasan untuk implosion ini, tetapi beberapa sarjana tampaknya percaya bahwa lingkungan catastropy mengakibatkan penuh sesak nafas meltdown - kekurangan makanan dan air yang dihasilkan polluted kekurangan gizi dan penyakit.
Seperti semua peradaban, kami menemukan bahwa Allah mereka - seperti orang-orang beberapa hari ini kita menyembah Tuhan - tidak membantu - karena tidak ada - hanya kesadaran kita sendiri untuk membimbing kita dalam wastelands dari realitas.
Mayan arkeologi akan datang ke masa keemasan dengan bantuan citra satelit dan fotografi. Ada banyak sekali kota Maya, kuil, dan permukiman masih akan ditemukan. Kami telah belajar bahwa Maya adalah yang inovatif, kreatif, dan megah orang tertentu dengan selera mereka sendiri untuk melakukan kekerasan. The allure of Maya datang ke kedepan. Penuh rahasia seperti Mesir, orang yang diambil ke negeri yang Maya, setiap tahun.
Lainnya dapat atraksi ke negeri yang Maya termasuk:
Mayan arsitektur dengan tenang istana dan kuil
di liku-liku dari hieroglyphs dan seni di kompleks menulis sistem
astounded yang memahami tentang astronomi dan matematika dengan konsep nol tak terpadai di jaman dahulu
itu hanya karena orang-orang luar biasa berukir megah kota, tidak hanya desa dan kota, langsung dari beberapa yang paling merintangi lansekap di seluruh dunia? Di hutan hujan antara Honduras dan Yucatan, ada ribuan situs yang Maya tetap utuh. Dalam Palanque sendiri terdapat sekitar 1550 bangunan yang terletak unexcavated harta yang tidak pernah kehabisan arkeologi belum ditemukan.

Quetzalcoatl,
Rosslyn Chapel - Cymatics - Musik dari kubus - Da Vinci Code
________________________________________
Seni Maya
Seni Maya dianggap oleh banyak orang menjadi yang paling canggih dan indah dari Dunia Baru Kuno. Berbeda dengan gaya Maya seni yang berkembang selama Preclassic periode (1500 SM ke 250 AD) memiliki pengaruh dari peradaban Olmec. Mesoamerican peradaban lainnya, termasuk Teotihuacan dan Toltecs, terpengaruh Maya seni, yang mencapai puncak dari peradaban selama periode Klasik (c. 200-900 AD). Maya yang sangat terkenal bagi mereka yang menggunakan jade, Obsidian dan plesteran.
Banyak potongan-potongan seni Maya yang bersifat rohani, yang dirancang untuk memenuhi tuntutan atau kari yang disukai dewa. Seni Maya yang paling survives hari ini adalah dalam bentuk upacara funerary dan objek. Maya yang tidak memiliki alat logam atau tanah roda, namun mereka berhasil membuat lembar seni yang lebih rinci dan. Maya seni paling menggambarkan allah, great rulers, pahlawan legendaris, agama dan pemandangan, kadang-kadang, kehidupan sehari-hari. Fokus dari Maya buah seni adalah angka pada manusia (baik dewa atau manusia). Binatang bergaya dan desain yang digunakan sebagai hiasan pada tembikar dan benda lainnya. Maya the script, yang dapat dianggap sebagai bentuk seni itu sendiri, adalah fitur pada kebanyakan patung dan ukiran. Maya mengambil berbagai bentuk seni, dari potongan-potongan kecil berukir Obsidian ke pyramids raksasa dan stelae. Dominasi Maya agama yang dapat dilihat melalui semua bentuk seni; paling benda memiliki tujuan rohani atau agama.
Seni dari Maya, dengan setiap peradaban, merupakan cerminan dari budaya dan gaya hidup mereka. Seni yang terdiri dari pelukisan dan lukisan pada kertas dan turap, ukiran di kayu dan batu, tanah liat dan memplesteri model, dan terra cotta figurines dari molds. Teknis proses kerja logam juga sangat dikembangkan tetapi sebagai sumber daya yang langka, mereka hanya membuat perhiasan di media. Banyak dari program-program yang besar dari Maya seni, inscriptions, dan arsitektur yang bertugas Mayan oleh raja sendiri dan peringatan untuk memastikan tempat mereka dalam sejarah. Karya adalah refleksi dari masyarakat dan interaksi dengan masyarakat sekitar.
Salah satu yang paling menunjukkan kemampuan Mayan seni dan budaya yang sukar dibaca tangga yang terletak di Copan. Tangga yang merupakan iconographical kompleks terdiri dari patung, angka, dan ramps di samping pusat tangga yang sama port ray Mayan dari berbagai elemen masyarakat. Yang merubah hadir juga banyak gambar referensi dari korban dan dewa mereka. Lebih penting dari semua gambar yang diambil dengan monumen ini, bagaimanapun, adalah sejarah dari keturunan raja digambarkan dalam berbagai heiroglyphs dan patung. Yang patung yang duduk tawanan juga perwakilan dari masyarakat Mayan karena menggambarkan seseorang dalam proses yang bloodletting upacara, yang meliputi accession ke martabat raja. Angka ini sebagai peringkat tinggi yang digambarkan oleh para mahal dan anting-anting intricately hip kain tenun. Dengan tali leher yang biasanya tandai ini sebagai orang tawanan, menyatakan bahwa dia terlibat dalam bloodletting ritual. Nya dihadapkan sebagai alat kelamin dia hanya akan mengambil darah untuk upacara.


Salah satu yang paling umum pada tema lukis Maya vases adalah kerajaan audiens. The ahau, duduk dengan kaki dilipat khas, menerima pengunjung. Pada saat nama-nama ahau dan pengunjung diberikan dalam glyphs. Paling menarik adalah rincian: gaya pakaian hias dan patterning, lukisan wajah, masker dikenakan, gerak-gerik yang dilakukan dan sebagainya. Banyak vases menunjukkan vases serta menunjukkan gaya interior dengan dekorasi tirai, bantal, dan thrones. Hats adalah yang penting bagi identitas sosial Maya. Seringkali ahau menerima pengunjung yang memakai topi berbentuk kerucut serban dengan bunga yang besar di depannya quetzal dan bulu di belakang; terkadang Hummingbird atau ikan yang terpasang ke depan yang besar bunga.

J presentasi dari bulu quetzal

Unsur-unsur di kepala naga ini diduga adalah instrumen dari diri Mereka ditemukan di dasar pohon gaib ditampilkan sebagai "cross" pada Palenque candi.
Tembikar

Banyak contoh Maya tembikar hidup hari ini. Seiring dengan tanah liat kapal, Maya yang dibuat tembikar banyak tokoh-tokoh manusia dan hewan. Beberapa contoh dari Teotihuacan fresco menerapkan teknik cat basah ke permukaan tanah telah ditemukan di situs Maya, menunjukkan bahwa pengaruh terhadap peradaban Maya seni. Sebagian besar potongan-potongan tembikar yang dihiasi dengan gambar manusia, binatang, atau makhluk mitologi. Banyak sangat rinci tanah figurines dilakukan oleh Maya, portraying manusia dan tuhan. Ini dilakukan dengan molds dan tangan. Banyak dari tokoh-tokoh ini telah dikuburkan dengan pemerintah, yang adalah bagaimana mereka bertahan ke hari ini.
Patung

Maya yang membuat scupltures jumlah besar, banyak yang dapat dilihat pada situs Maya dan museum. Umum bentuk patung Maya merupakan tugu peringatan. Ini adalah batu besar slabs ditutup dengan ukiran. Banyak yang menggambarkan dari pemerintah kota mereka terletak dalam, dan lain-lain menunjukkan allah. Stelae yang hampir selalu berisi hieroglyphs, yang sudah kritis untuk menentukan makna dan sejarah dari situs Maya. Lainnya termasuk figurines ukiran batu, mirip dengan tanah yang dijelaskan sebelumnya, dan batu lintels yang menunjukkan adegan darah korban. Maya yang menggunakan banyak jade dalam seni mereka. Banyak batu ukiran jade telah inlays, dan ada juga upacara yang dibuat dari benda jade. Adalah luar biasa bahwa Maya, yang tidak memiliki alat logam, dibuat sedemikian rumit dan indah dari benda jade, yang sangat keras dan padat materi. Adalah contoh yang sangat baik topeng kematian Tuhan szasza, penguasa dari Palenque. J-hidup ukuran mask dibuat untuk jenazah "kulit" yang terbuat dari jade dan "mata" yang dibuat dari gewang dan Obsidian.
Lukisan
Karena iklim yang lembab dari Amerika Tengah beberapa lukisan Maya yang masih bertahan hidup pada hari ini. Beberapa mural telah ditemukan di Bonampak. Lukisan yang telah diawetkan di Bonampak ketika lapisan calcium carbonate meliputi lukisan, mencegah kelembaban dari menghancurkan mereka. The mural, yang tanggal dari 790, menunjukkan pemandangan yang bangsawan, peperangan, dan korban. Di San Bartolo, mural yang ditemukan pada tahun 2001. Ini lukisan tanggal dari 100 AD, dan merupakan yang paling tua beberapa lukisan Maya ditemukan. Lukisan ini, yang menggambarkan dengan Jagung, tuhan, mitos, yang dilakukan ulama yang menyadari bahwa mitos yang lebih tua dari sebelumnya.

Tidak ada komentar: