Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Globalisasi

GLOBALISASI

Globalisasi terbentuk karena kemajuan teknologi di bidang Komunikasi/informasi dunia

Teori Globalis

para globalis percaya bahwa globalisasi adalah sebuah kenyataan yang memiliki konsekuensi nyata terhadap bagaimana orang dan lembaga di seluruh dunia berjalan. Mereka percaya bahwa negara – negara dan kebudayaan lokal akan hilang diterpa kebudayaan dan ekonomi global yang homogen. Meskipun demikian, para globalis tidak memiliki pendapat sama mengenai konsekuensi terhadap proses tersebut.

a. Para globalis pofitif dan optimistis menanggapi dengan baik perkembangan semacam itu dan menyatakan bahwa globalisasi akan menghasilkan masyarakat dunia yang toleran dan bertanggung jawab.

b. Para globalis pesimis berpendapat bahwa globalisasi adalah sebuah fenomena negatif karena hal tersebut sebenarnya adalah sebuah bentuk penjajahan barat ( terutama Amerika) yang memaksakan sejumlah bentuk budaya dan konsumsi yang homogen dan terlihat sebagai sesuatu yang benar dipermukaan. Pandangan semacam ini memfokuskan pada beragam bahaya yang terdapat dalam apa yang dikenal sebagai McDonaldisasi dan Coca Colanisasi dunia.

Teori Transformalis

Pada teori ini berada di antara para globalis dan tradisionalis. Mereka setuju bahwa pengaruh globalisasi telah sangat dilebih-lebihkan oleh para globalis. Namun, mereka juga berpendapat bahwa sangat bodoh jika kita menyangka keberadaan konsep ini. Posisi teoretis ini berpendapat bahwa globalisasi seharusnya dipahami sebagai “seperangkat hubungan yang saling berkaitan dengan rumit melalui sebuah kekuatan, yang sebagian besar tidak terjadi secara langsung”. Mereka menyatakan bahwa proses ini bisa dibalik, terutama ketika hal tersebut negativ atau, setidaknya, dapat dikendalikan.

TEORI TRADISIONAL

Teori tradisionalis adalah teori yang yang mementingkan transmisi sejumlah pengetahuan dan pengembangan kebudayaan, agar fungsi masyarakat berjalan sebagaimana mestinya. Teori konseptualis-empiris adalah teori kurikulum yang menerapkan metode penelitian dalam sains untuk menghasilkan generalisasi yang memungkinkan pendidik untuk meramalkan dan mengendalikan apa yang terjadi di sekolah. Sedangkan teori rekonseptualis adalah teori yang menekankan pada pribadi, pengalaman eksistensial dan intrepretasi hidup untuk melukiskan perbedaan dalam masyarakat.

FASE FASE GLOBALISASI

  1. Terbentukkan jalur perdagangan “Jalan Sutra “ dari Cina dan India baik dari darat maupun laut
  2. Terjadi 1000-1500
  3. Dominasi perdagangan kaum Muslim di Asia dan Afrika
  4. Eksplorasi dunia secara besar- besaran oleh negara-negara Eropa
  5. Munculnya perusahaan multinasional di dunia
  6. Hancurnya komunisme dan muncul kapitalisme

2 comments for "Globalisasi"